Peran ERP yang Terintegrasi dengan E-commerce

Akhir-akhir ini perilaku konsumtif masyarakat semakin tinggi, terlebih didukung oleh kemajuan teknologi membuat kegiatan jual beli semakin mudah dilakukan. Untuk mendapatkan suatu barang yang akan dibeli seseorang tidak perlu keluar rumah, hanya bermodalkan telepon genggam dan internet barang incaran sudah di depan mata kemudian dalam beberapa hari bahkan dalam hitungan jam sudah dalam genggaman tangan. Hal tersebut adalah salah satu contoh dari perdagangan elektronik atau yang akrab di telinga dengan sebutan e-commerce. Dengan kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan membuat kegiatan  berbelanja melalui e-commerce menjadi semakin meningkat. Tidak hanya pembeli yang ketagihan menggunakan layanan e-commerce ini, namun penjualnya pun semakin menjamur bahkan para pedangan yang berjualan di toko fisikpun tidak mau ketinggalan melebarkan usahanya dengan memanfaatkan layanan e-commerce. Fenomena ini membuat persaingan bisnis semakin ketat. Para penjual berlomba-lomba menarik hati pembeli dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen agar kepercayaan tetap terjaga. Hal-hal tersebut sebenarnya terbantu oleh integrasi ERP dengan ecommerce. Namun, masih banyak yang belum mengetahui definisi dan fungsi dari ERP.

Kepercayaan konsumen sangat penting bagi penjual di layanan e-commerce. Selain untuk menjamin konsumen kembali berbelanja di toko yang sama, konsumen juga dapat memberikan penilaian melalui ulasan di kolom komentar. Penilaian-penilaian yang merupakan representasi dari kualitas toko dapat dibaca oleh calon pembeli lain sehingga sangat mempengaruhi citra toko.

Beberapa hal penting yang akan dijadikan penilaian oleh konsumen antara lain kualitas produk, ketelitian dalam mengirim pesanan berupa jumlah dan jenis produk, waktu pengiriman, serta pengemasan. Beberapa toko terpercaya biasanya memiliki banyak konsumen yang memesan berulang kali dan dalam jumlah yang banyak. Kesalahan dalam data pesanan kemungkinan besar terjadi apabila kurang teliti. Hal ini tentu saja menjadi sebuah tantangan agar toko tetap mempertahankan kepercayaan.

Namur, kekhawatiran ini bisa diminimalisasi dengan terciptanya ERP (Enterprise Resource Planning) atau dalam Bahasa Indonesia berarti Perencana Sumber Daya Perusahaan. ERP adalah sistem informasi yang diperuntukan bagi perusahaan untuk melakukan proses bisnis, seperti produksi dan distribusi dapat terintegrasi dengan baik secara otomatis. Dengan menerapkan sistem integrasi ERP dengan situs ecommerce, maka akan dapat mengurangi proses penginputan data secara manual yang rawan akan kesalahan, produksivitas e-commerce akan semakin efektif, efisien serta akurat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *